Rabu, 20 November 2013

Warna Dan Maknanya

Dalam dunia melukis pemakaian warna itu sangat penting agar sebuah lukisan lebih terlihat hidup dan menarik. Akan tetapi tidak semua orang tau makna dan arti dari warna tersebut seringkali orang melukis tanpa memperhatikan kecocokan warna dengan objek lukisannya, padahal sebuah lukisan akan terlihat sangat lebih baik apabila lukisan tersebut terlihat nyata dengan objek aslinya. Seperti bunga matahari dengan warna biru akan terlihat kurang menarik di banding warna aslinya kuning yang terlihat natural.

Selain keselarasan antara warna dengan objek yang perlu di perhatikan juga bahwa warna memiliki sebuah arti yang cenderung menjelaskan  dan menekankan sebuah objek. Biasanya sebuah warna itu memiliki arti tersendiri misalnya merah berarti berani, putih berarti suci/bersih, nah disini kita bahas satu persatu ya…

1. Hitam

Warna hitam biasanya identik dengan hal yang misterius dan menyeramkan disamping itu warna hitam memiliki arti perlindungan, mengikat, pengusiran, sesuatu yang misterius, kekayaan, kekuatan. kejahatan, serta kemarahan.


2. Putih

Selain memiliki arti suci warna putih juga memiliki arti kedamaian, spiritualisasi, kesederhanaan, kesempurnaan, kebersihan, cahaya. Dalam pencampuran warna putih bisa di jadikan bahan campuran dengan warna lain agar lebih muda.


3. Merah

warna merah Identik dengan makna berani arti lain yaitu bermakna energi, kekuatan, simbol dari api, pencapaian tujuan, cinta, perjuangan, bahaya, juga panas.


4. Biru

Warna biru melambangkan ketenangan, identik dengan simbol air laut, komunikasi, inspirasi, lembut, cinta kedamaian, kepercayaan, kepandaian, kasih sayang.


5. Hijau

Identik dengan warna bumi, keajaiban, muda, sukses, keseimbangan, persahabatan, warna hijau bisa menyenangkan pikiran dan merangsang kreativitas.


6. Kuning

Identik degan matahari, ingatan, energi, kebahagian, kehangatan, kebijaksanaan, harapan, dll.


7. Merah Muda /Pink

Simbol kasih sayang dan cinta, persahabatan, feminim, kepercayaan, damai, manis dan indah.


8. Ungu

Kekuatan spritual, aspirasi tinggi, kepercayaan, ambisi, keajaiban, misteri, dll.


9. Orange

Bermakna kehangatan, antusias, persahabatan, kesehatan, kegembiraan, dll.


10. Coklat

Bermakna persahabatan, kejadian, kerja keras, dll.


11. Abu-abu

Identik dengan sederhana, elegant, persahabatan, dll.


12. Emas

Warna emas selalu identik dengan kejayaan, kedudukan, mewah, kegembiraan, kekuatan, dll.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar